free web site maker

HIMAFARMA'S EVENTS

 

KURMA 2017

'A Day to Remember'

KUMPUL BARENG HIMAFARMA

Kurma merupakan acara penutup sebelum kegiatan mubes. Kurma ini dapat dikatakan sebagai acara perpisahan atau farewell party untuk seluruh anggota Himafarma. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu kegiatan indoor dan outdoor. Untuk kegiatan outdoor adalah acara mini outbond bersama Kak Tomi sebagai pemandu kegiatan. Pada sesi outdoor terdapat bnayak permainan yang dapat menumbuhkan kekompakan antar pengurus Himafarma. Sedangkan untuk acara indoor diisi dengan kegiatan sharing-sharing oleh pengurus. Sharring sharring diii dengan games kertas berputar, pemutaran video serta menonton foto-foto perjalanan himafarma selama satu periode dan bernyanyi bersama. Sharing sharing dipandu oleh ketum dan para tetua himafarma dengan memberikan wejangan pada adek tingkat yang akan melanjutkan estafet kepemgurusan Himafarma agar periode depan bisa lebih baik lagi. 

KUNIR 2017

Kunjungan Industri dan Rumah Sakit

KUNJUNGAN INDUSTRI DAN RUMAH SAKIT

Kunir atau Kunjungan Industri dan Rumah Sakit adalah program kerja dari Bidang Penelitian dan Pengembangan. Peserta dari Kunir ini adalah mahasiswa D3 Farmasi Angkatan 2015. Pada Kunir kali ini, pihak panitia dibantu oleh Biro Perjalanan Wisata ‘Fatarez Tour Organizer’. Kegiatan kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis 9 November 2017 dari pukul 07.00 – 15.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Bali hingga Sabtu 11 November 2017 dan tiba di Solo pada hari Minggu 12 November 2017 pukul 07.00 WIB. Pada periode 2017, kunjungan dilaksanakan di PT. Vitapharm dan RSUD dr.Soetomo Surabaya. Di PT. Vitapharm mahasiswa dapat melihat proses produksi, Quality Control, dan penyimpanan produk. Pihak PT. Vitapharm sangat terbuka saat kunjungan berlangsung. Mahasiswa diperbolehkan untuk berkeliling dengan didampingi dengan satu orang pemandu dari pihak PT. Vitapharm. Selanjutnya di RSUD dr.Soetomo, mahasiswa mempelajari tentang proses sterilisasi di instalasi CSSD rumah sakit tersebut. Mahasiswa juga diberi wawasan tentang pencucian alat kesehatan dan perlengkapan operasi. 

COLLUTRIUM

Collaboration of Social, Art and National Meeting
Seminar Nasional Farmasi | Collutrium Competition (LOSARTAN & Essay Competition) |
Bakti Sosial AMSTERDAM

COLLUTRIUM 2017

Collutrium merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa D3 Farmasi (Himafarma) Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Serangkaian acara sebagaimana yang dimaksud, merupakan gabungan dari kurmabeberapa bidang di Himafarma. Terdiri dari : Seminar Nasional Farmasi, Collutrium Competition, dan Bakti Sosial AMSTERDAM.

Himpunan Mahasiswa D3 Farmasi (Himafarma) sebagai elemen masyarakat berupaya membentuk mahasiswa yang tidak hanya memiliki kemampuan akademis namun juga jiwa sosial yang tinggi dan kemampuan untuk berkreatifitas sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Sebagai kontribusi kepada masyarakat luas dan khususnya civitas akademik Universitas Sebelas Maret, Himafarma menyelenggarakan serangkaian acara ‘COLLUTRIUM’.

Collutriun tahun ini mengangkat tema diabetes mellitus, tema ini diangkat karena sedang hangat-hangatnya dimasyarakat. Collutrium competition mengangkat tema yang sama yaitu diabetes mellitus, terdiri dari LOSARTAN (Lomba Design Poster Kesehatan) dan Essay Competition. Collutrium competition merupakan kompetisi bergengsi tingkat nasional dengan juri yang sudah handal di bidangnya. Serangkaian acara lain dalam collutrium yaitu Seminar Nasional Kefarmasian yang mengangkat judul Deteksi Dini Dan Peran Farmasis Dalam Penanganan Pasien Diabetes Mellitus. Seminar nasional diselenggarakan di Hotel Asia pada tanggal 21 Oktober 2017 dengan lebih dari 350 peserta. Dengan menghadirkan pembicara hebat yang pastinya memberikan ilmu yang sangat berharga.


BE VAKSINASI

"Decision Maker"

BE VAKSINASI

Kegiatan ini bernama Be Vaksinasi dengan Tema ”Decision Maker". Dengan adanya kegiatan ini diharapkan seluruh Mahasiswa farmasi dapat memupuk jiwa kebersamaan antar mahasiswa farmasi, dan juga dapat memberikan wawasan keorganisasian bagi mahasiswa baru farmasi angkatan 2017, serta kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan motivasi dan soft skill serta mengakrabkan antar mahasiswa baru dan kakak tingkat. Acara Be vaksinasi and Pharmacynation ini adalah kerjasama antara Himafarma dengan HMF yang memiliki konsep acara yang sama. Kegiatan ini diikuti oleh 95 mahasiwa baru yang terdiri dari mahasiswa baru program D3 dan S1 Farmasi. Pelaksanaan kegiatan tersebut telah terlaksana dengan baik dan lancar. Be Vaksinasi dilakukan 2 hari di Korem, kegiatan berupa pembekalan perkuiah, outbond, pensi dan lain-lain.

SILIKA

Silaturahmi Lintas Angkatan

SILIKA (Silaturahmi Lintas Angkatan)

Silika (Silaturahmi Lintas Angkatan) merupakan program kerja dari bidang Kerohanian Himafarma 2017. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan pemahaman arti pentingnya silaturahmi, menjalin tali silaturahmi baik sesama mahasiswa maupun dengan civitas akademika, berdiskusikan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkup farmasi. SILIKA bekerjasama dengan HMF dalam pelaksanaannya. Silika dilaksanakan pada tanggal 19 September 2017 yang bertempat di Aula Gedung C lantai 5 FMIPA UNS. Diikuti oleh Mahasiswa D3 Farmasi dan S1 Farmasi serta mengundang alumni D3 Farmasi yaitu Syaiful Choiri, S.Farm., Apt. Menghadirkan dosen atau alumni sebagai pengisi materi. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Special Gift bagi Mahasiswi Muslim yang baru saja mengenakan Hijab, baik dari D3 maupun S1 Farmasi. Kemudian acara dilanjutkan dengan games , pengumuman lomba, penutupan, dan foto angkatan hingga selesai sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Special Gift bagi Mahasiswi Muslim yang baru saja mengenakan Hijab sebanyak 5 orang.


GSM FARMASETIKA

Gerbang Semangat Muslim Mahasiswa D3 Farmasi & D3 Teknik Informasi

GSM (Gerakan Semangat Muslim)

GSM (Gerakan Semangat Muslim) merupakan program kerja dari bidang Kerohanian Himafarma 2017. Tujuan dari program kerja ini adalah untuk mempererat ukhuwah Islamiyah sesama muslim, meng-upgrade rukhiyah peserta, meningkatkan ghiroh (semangat) keislaman, memberikan wawasan kewirausahaan dan kepemimpinan dalam perspektif keislaman, memberikan kegiatan positif kepada mahasiswa dan masyarakat muslim. Program kerja ini bekerja sama dengan Emailkomp. GSM kali ini bertemakan wirausaha berupa acara seminar yang diisi oleh Pembicara – pembicara. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2017 di Aula Gedung C Lt 5 FMIPA UNS. Peserta GSM diantaranya mahasiswa D3 Farmasi FMIPA UNS dan Masyarakat umum. Peserta dari D3 farmasi yaitu 44 orang mahasiwa baru, yaitu terdiri dari 38 perempuan dan 6 orang laki-laki. Sedangkan untuk D3 Teknik Informatika terdiri 104 orang mahasiwa baru, yaitu terdiri dari 49 perempuan dan 55 orang laki-laki. Sedangkan untuk mahasiswa umum terdiri dari 10 orang mahasiwa yaitu 6 orang perempuan dan 4 orang laki-laki.

9th Himafarma Anniversary

25 September 2008 - 25 September 2017

HUT HIMAFARMA KE-9

Hari ulang tahun Himafarma bertepatan pada hari Farmasi Sedunia pada tanggal 25 September. Peringatan hari ulang tahun ini diselenggarakan bersamaan dengan RHL (Rapat Harian Lengkap) pada tanggal 10 September 2017. Acara ini merupakan program kerja dari bidang Kesekretariatan Himafarma 2017. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban serta kekompakan antar pengurus Himafarma periode 2017, meningkatkan rasa kekeluargaan dan kepedulian antar pengurus Himafarma periode 2017. Pada RHL ini, dihadiri oleh DPO Himafarma. Acara ini diawali dengan kerja bakti membersihkan sekretariat Himafarma yang berada di Lantai 1 Gedung B FMIPA UNS. Selain kerja bakti, pada acara ini juga mengadakan penanaman beberapa tumbuhan obat pada Taman Farmasi. Taman Farmasi merupakan non program kerja dari bidang Penelitian dan Pengembangan Himafarma 2017. Setelah kerja bakti dan penanaman Taman Farmasi, acara dimeriahkan dengan beberapa games menarik yang menguji kekompakan para pengurus Himafarma. 

PKKMB & FIRST GATHERING

Selamat Datang Mahasiswa Baru D3 Farmasi Angkatan 2017

PKKMB & FIRST GATHERING 

PKKMB (Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru) merupakan suatu kegiatan dilakukan selama 4 hari, dengan penyelenggara BEM FMIPA UNS dan mengirimkan delegasi HIMAFARMA tanpa oprec. Pada hari pertama dilakukan pelantikan mahasiswa baru di halaman depan Gedung Pusat dr. Prakoso yang dilanjutkan dengan kuliah umum. Setelah itu mahasiswa diberi pengenalan tentang FMIPA UNS. Hari kedua dilakukan pengenalan masing – masing program studi dan HMP serta untuk Farmasi dilakukan rekreasi laboratorium. Lalu dilanjutkan dengan materi kemahasiswaan dan talkshow. Kemudian pada hari ketiga dilakukan sosialisasi KOPMA, test TOEIC serta Display UKM yang ada di FMIPA UNS dan Pentas Drama. Pada hari keempat dilakukan bersih-bersih di lingkungan FMIPA dan Puskom, dilanjutkan acara Student Vaganza di stadion UNS. Selain diselenggarakan di fakultas, PKKMB juga dilakukan di prodi masing-masing. PKKMB prodi dilakukan satu hari, PKKMB prodi bertujuan untuk mengenalkan prodi D3 Farmasi kepada mahasiswa baru. Selain PKKMB prodi, untuk lebih mendampingi dan memberikan informasi terkait dunia perkuliahan maka dilakukan First Gathering. First gathering bertujuan untuk mendekatkan dan mengenalkan mahasiswa baru. First gathering berisi acara outbond dan pe,bekalan motivasi dunia perkulihan. First gathering dilaksanakan pada Kamis,10 Agustus 2017.    

STUBAND AND CYANIDE

STUDY BANDING & PHARMACY IN HOLIDAY
Road to Bandung

STUDY BANDING & PHARMACY IN HOLIDAY

SnC (Stuban N Cyanide) merupakan suatu acara study banding dan acara liburan siswa D3 farmasi. Study banding untuk menjalin silaturahmi dengan universitas lain, serta mencari informasi mengenai prodi farmasi ataupun mengenai keorganisasian di universitas tersebut. SnC dilakukan selama 3 hari, hari pertama perjalanan sampai ke Bandung pada hari berikutnya langsung melaksanakan study banding. Tahun ini study banding diadakan di Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, study banding di universitas tersebut bertujuan untuk mencari informasi tentang prodi D3 Farmasi terutama mencari informasi tentang program transfer dari D3 menjadi S1. Dari study banding ini diperoleh berbagai informasi yang bermanfaat yang berguna sebagai sumber informasi kakak kakak tingkat yang ingin melanjutkan study ke jenjeng S1. Selanjutnya untuk acara jalan-jalan dalam SnC ini, kita berwisata di Trans Studio Bandung. Di Trans Studio Bandung terdapat berbagai wahana yang dapat dinikmati semua peserta SnC. Setelah puas berwisata di Trans Studio Bandung, selanjutnya adalah mengunjungi pusat oleh-oleh di Bandung. Di pusat oleh-oleh Bandung, peserta dapat berbelanja berbagai buat tangan yang dapat dibawa sebagai buah tangan. Setelah itu langsung dilanjutkan perjalanan kembali ke Solo.

PHARMACODIN

(Pharmacy Class of Design)

PHARMACODIN
(Pharmacy Class of Design)

Pharmacodin merupakan salah satu program kerja Himafarma 2017 dari bidang Hubungan Masyarakat dalam bentuk pelatihan desain. Pelatihan desain ini dimaksudkan agar pengurus Himafarma dapat menguasai dasar-dasar desain grafis, khususnya Corel Draw. Kegiatan ini memberikan pembekalan bagi pengurus untuk melaksanakan program kerja di Himafarma maupun di luar Himafarma terutama dalam pembuatan pamflet dan perangkat publikasi dan dekorasi. Pelatihan ini mengundang pembicara yang sudah berkompeten dalam bidang desain grafis. Tak hanya di bidang publikasi, pada acara ini juga mencangkup materi dasar mengenai pembuatan desain kemasan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu mata kuliah di D3 Farmasi UNS, yang mengharuskan lulusannya membuat desain kemasan obat yang dibuatnya. 

Pembicara yang diundang pada acara ini bernama Muchlis Suhanoko Pujaji, merupakan mahasiswa D3 Teknik Informatika yang berkompeten di bidang ini dan kini tengah mengembangkan bisnis foto scretch-nya #wow. Pharmacodin sendiri digelar dengan 2 kali tahapan yakni tahap pertama dilaksanakan pada 23 Mei 2017 sedangkan tahap kedua pada tanggal 6 Juni 2017. 

AUDISI 2017

(Audiensi Farmasi)

AUDISI 2017 (Audiensi Farmasi)

Telah dilaksanakan Audiensi Farmasi ( AUDISI ) yang merupakan suatu forum pertemuan antara pihak fakultas, program studi dan mahasiswa D3 Farmasi pada hari Senin, 10 April 2017 di Aula Gedung C Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB dan dilaksanakan dengan lancar.

Acara tersebut diawali dengan sambutan ketua panitia yaitu Kharimah Faizathus Tsalatsatun, dilanjutkan sambutan dari Dekan, sambutan Wakil Dekan II, dan Kepala Program Studi D3 Farmasi. Acara tersebut dihadiri juga oleh para dosen serta mahasiswa D3Farmasi. Acara dipandu oleh moderator yang membacakan hasil dari angket yang telah diisi oleh mahasiswa, pembacaan hasil audiensi tahun 2016, kemudian dilakukan sesi tanya jawab yang membahas mengenai evaluasi berbagai aspek perkuliahan di lingkungan D3 Farmasi meliputi sarana prasarana, birokrasi serta pelayanan dan pembelajaran saat perkuliahan. Acara berakhir dengan pembacaan notulensi dan penandatangan MoU oleh Dekan FMIPA, Kaprodi D3 Farmasi dan Ketua Umum HIMAFARMA 2017.


UPGRADING HIMAFARMA 2017

“We are young, we will reach the goal”

UPGRADING HIMAFARMA 2017
“We are young, we will reach the goal”

Upgrading merupakan salah satu program kerja Himafarma dari Bidang kesekretariatan yang dilaksanakan setiap pergantian kepengurusan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengakrabkan pengurus Himafarma agar dapat saling mengenal satu sama lain. Selain itu, upgrading ini juga membentuk Himafarma yang bersatu. Acara upgrading tahun ini dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 2 April 2017 di Pondok Wisata Ardi Tawangmangu dengan tema YOUTH “Your True Happiness”. Tema ini dipilih karena diharapkan saat dan setelah upgrading dilaksanakan para pengurus Himafarma yang berjiwa muda merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. 

    Acara Upgrading kemarin sangat menyenangkan, khususnya untuk pengurus baru Himafarma. Para pengurus menjadi lebih akrab satu sama lain. Selain bersenang-senang, kita juga mendapat ilmu tentang softskill dan time management. Ilmu itu kita dapatkan dari pembicara upgrading, yaitu Muhammad Mushtafa Habiburrahman atau biasa dipanggil Mas Habib dan Arista Adi Nugroho yang akrab dipanggil Mas Arista. Materi yang disampaikan mereka sangat bermanfaat bagi kita pengurus Himafarma. Dari materi yang disampaikan, kita menjadi semangat untuk memperbaiki diri. Selain dari pembicara tadi, kita juga sharing-sharing dengan DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) tentang berorganisasi. Anggota dari DPO itu sendiri adalah para mantan pengurus Himafarma. DPO menceritakan bagaimana pengalaman mereka saat berorganisasi di Himafarma. Saat malam hari diadakan pensi. Setiap bidang di Himafarma diwajibkan menampilkan suatu pertunjukan yang menghibur, seperti dance, perkusi, lipsync, drama, parodi, puisi dan idol team.

    Di hari kedua tanggal 2 April 2017. Pagi buta kita semua dibangunkan untuk pembentukan karakter agar menjadi lebih baik. Dilanjutkan dengan senam pagi dan sarapan. Setelah sarapan, acara selanjutnya adalah outbond yang sebelumnya sudah dibentuk menjadi 8 kelompok. Pada rute perjalanan outbond terdapat 4 pos pemberhentian dimana disetiap pos terdapat game. Game tersebut merupakan syarat untuk melanjutkan perjalanan. Akhir dari rute outbond adalah sebuah lapangan. Di lapangan itu juga ada game untuk seluruh peserta outbond dan dibagi menjadi 2 kelompok untuk bermain douchball. Setelah itu ada penghargaan yang diberikan mulai dari kelompok outbond tergokil sampai peserta terkuat. Itu merupakan acara terakhir dari upgrading. Melalui upgrading ini, kita mendapat ilmu yang sangat bermanfaat dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik serta dapat menjalankan organisasi khususnya Himafarma dengan baik dan benar. 



SEKRETARIAT
Ruang B1.15
Gedung B Lantai 1 Fakultas MIPA
Universitas Sebelas Maret
JL. Ir Sutami, No. 36-A, Kentingan, Surakarta 57126
Indonesia

SOCIAL LINKS
UNS Official Website
Siakad UNS 
Digilib UNS
MIPA Official Website
D3 Farmasi Official Website


CONTACTS                                              Email : himafarma.mipa.uns@gmail.com
LINE: @gpx2279j